KEGIATAN POSYANDU LANSIA DI TENGAH PANDEMIC COVID-19

Di masa pandemic virus corona ini warga sangat khawatir akan kesehatannya. Maka dengan itu pihak Pemerintah Desa Tegalarum bersama kader-kader kesehatan serta dengan Petugas Kesehatan Puskesmas Margoyoso 2 mengadakan POSYANDU lansia (Pos Pelayanan Terpadu) . Di mana sebenarnya kegiatan ini sudah sering dilakukan setiap bulan sebelum adanya wabah virus corona ini atau yang sekarang disebut Covid-19 (Corona Virus Disease). Dimana kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi dini atau mencegah penyakit apa yang dialami atau yang dirasakan pada usia lanjut.

Adapun sasaran yang diutamakan adalah orang tua yang usianya 40 tahun keatas yang mungkin kesehatannya atau daya tahan tubuhnya mulai menurun. Di dalam kegiatan Posyandu lansia ini banyak yang dilakukan oleh kader- kader kesehatan dan petugas kesehatan dari Puskesmas Margoyoso 2. Adapun tindakan yang dilakukan antara lain :

  1. Pemeriksaan Tekanan Darah dan pengobatan gratis

 

Pemeriksaan ini langsung oleh petugas kesehatan Puskesmas atau tim medis yang udah bekerja sama dengan Desa Tegalarum.

 

 

 

 

  1. Penimbangan Berat Badan

 

Penimbangan ini dilakukan oleh kader-kader kesehatan yang telah bergabung di dalam FKD ( Forum Kesehatan Desa)

 

 

 

 

 

 

  1. Pengukuran Lingkar Pinggul

 

Pengukuran ini juga dilakukan oleh kader-kader kesehatan yang telah bergabung di dalam FKD ( Forum Kesehatan Desa)

 

 

 

 

 

 

Dan apa saja persyaratan yang harus dibawa warga dalam menikuti kegiatan Posyandu Lansia ini? Warga hanya membawa Foto Copy KK,KTP dan BPJS bagi yang mendapatkan. Jadi warga sangat senang karena dengan persyaratan yang sangat mudah ini.

 

Dengan danya kegiatan Posyandu Lansia ini kita dapat memantau kesehatan orang tua yang usianya udah lanjut dan sedikit membantu meringankan beban warga dengan adanya kegiatan ini, dan semoga kegiatan ini bisa lebih meningkatkan dalam hal pelayanan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan